Ketika Aku Bercermin

Dari seluruh keanehan yang kamu miliki, mungkin ini yang paling aneh; dan aku masih tak mengerti mengapa kamu begitu nyamannya dalam zona itu, zona yang tadinya aku pikir tak ada seorang pun yang mau di dalamnya, zona yang penuh kesedihan dan kegetiran. Tak seorang pun, kecuali kamu. 
Seperti kamu yang lebih memilih pahitnya secangkir kopi hitam pekat dibandingkan segelas coklat panas, atau seperti kamu yang lebih mencintai dingin dan gelapnya malam daripada hangat dan terangnya pagi ketika matahari baru muncul. Seperti itu pula kamu ketika menikmati kesedihanmu, menyesap tiap pedihnya.
Mungkin kamu memang masokis, bisa-bisanya betah begitu lama berkubang air mata. Lihat saja bagaimana kamu lagi dan lagi memilih jalan yang sama; yang berkali-kali telah membuatmu terjatuh dan terluka. dan aku yakin itu bukan karena kamu tidak tahu ataupun bodoh.
Aku takut semakin lama kamu akan semakin menikmatinya, tak sadar bahwa itu anomali. Cemas yang aku rasakan menjadi-jadi begitu tahu kamu justru takut akan kebahagiaan, kamu takut untuk berbahagia.
“Aku takut kehilangan. Itu adalah kepedihan paling menyakitkan. Kamu juga tahu itu kan?” katamu  sembari melihat mataku.
Aku tercengang. Karena aku bukan lagi tahu tentang rasa itu, aku mengenalnya dengan sangat baik. Aku tahu, dan aku membencinya.
“Tapi kamu harus berbahagia!” ujarku gusar, kontras denganmu yang begitu tenang.
“Aku tahu.” Cuma itu katamu, menutup pembicaraan.
Kamu tinggalkan aku yang tetiba menjadi gelisah. Sekarang aku lah yang bertanya-tanya, sendirian. Jika semuanya sementara, jika kebahagiaan itu pun akan hilang pada akhirnya, apa perlu kita berbahagia?
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s