[not a Review] La La Land

DISCLAIMER: Ini isinya cuma hasil meracau gue setelah menonton film yang lagi hits ini. Apalah gue, hanya penikmat film awam yang gatal buat nulis. Mumpung masih hangat, sehangat tahu bulat yang digoreng dadakan. Dan serius, ini resmi jadi salah satu film favorit gue.

Ngga tahu ya. Sebenarnya gue jarang suka film yang berbentuk musikal, teatrikal. Terlalu Bollywood dan kadang suka ngga nikmati alur ceritanya aja gitu, somehow ngebosenin. Kan suka mikir ya lagi ngobrol serius, lah terus joget-joget tambah nyanyi-nyanyi. Tapi La La Land ini jadi pengecualian.

Berawal dari seringnya teaser film La La Land dan lagu City of Stars wara-wiri di lini masa, penasaran gue bertumbuh. Keliatan kan ya dari teaser-nya ini enak dipandang mata gitu. Pesona Ryan Gosling emang lah bikin betah. Uhuk! *kebiasaan, bikin review yang bias*

Jujur aja, gue baru ‘masuk’ ke ceritanya setelah Mia (Emma Stone) dan Sebastian (Ryan Gosling) mulai mengalami konflik. Sebelum itu, gue cuma merasa terhibur aja. Dimulai saat Sebastian akhirnya menerima tawaran Keith (John Legend) untuk jadi keyboardist, yang sama aja kaya menelan ludah idealisme yang dia umbar di awal-awal. Kemudian Mia yang struggling buat jadi aktris dan justru di saat-saat yang sulit Sebastian malah sibuk sendiri.

Bagi gue, selama 80% filmnya hubungan Mia dan Sebastian ini #relationshipgoals banget! Mereka berdua saling mendukung mimpi masing-masing. Ketika Sebastian memilih untuk melepaskan idealismenya (yang sebenarnya sebagian alasannya adalah demi Mia loh padahal!), Mia yang paling tahu bahwa yang Seb lakukan itu ‘bukan Seb’ banget. Makanya Mia berani mengonfrontasi Seb soal mimpi-mimpinya. Sebaliknya saat Mia lagi down dan ngga percaya diri, 1-nya lagi menguatkan dan percaya bahwa pasangannya pasti bisa.

Rasanya menyenangkan dan menguatkan loh jika ada orang yang selalu percaya dan mendukung mimpi-mimpi kita, segila apapun itu.

20%-nya apa? Kalau terkait #relationshipgoals, sisa 20%-nya ini yang bikin nyesek! Tapi bukan berarti ini bikin filmnya gak OK. Cihuy abis malah. Menurut gue, realistis lah, meski harus patah hati. 😦

Di satu adegan saat Mia dan Seb membicarakan masa depan mereka setelah Mia melakukan audisi, Seb percaya Mia pasti lolos audisi itu. Dan saat Mia mempertanyakan hal klasik seperti ‘mau dibawa ke mana hubungan kita?’, Seb memberikan jawaban paling realistis (meski nyesek ya, tetep!) saat itu untuk keduanya.

Lima tahun kemudian, keduanya berhasil mewujudkan mimpi masing-masing. Seb punya jazz club dan Mia sudah sukses jadi aktris, bahkan punya keluarga kecil yang manis sekali. They just look happy with their own lives, even though they’re no longer together.

Yang bikin nyesek adalah ketika ‘what if’ version dari kejadian-kejadian di masa lalu keduanya diputar. Berdua udah berjuang dari nol bareng-bareng, sama-sama melalui masa paling sulit, eh giliran di akhir (dan mungkin bagian yang manis-manisnya) malah sama orang lain. Rasanya pengen teriak, “Woy, ngga gitu dong bro!”

Tapi realistis saja lah ya. Bahwa dalam hidup itu ada hal-hal yang perlu kita ikhlaskan untuk mencapai apa yang kita inginkan. Hidup itu terdiri dari serangkaian pilihan mungkin terdengar klise, tapi memang begitulah adanya. Mungkin menuju destinasi yang kita rencanakan, bisa saja kita menemukan jembatan yang rusak hingga kita perlu memutar arah atau kehabisan bahan bakar yang bikin kita berhenti di tengah jalan, atau bahkan bisa saja kita tersesat dan salah pilih jalan.

“City of stars / There’s so much that I can’t see /

Who knows? / Is this the start of something wonderful and new? /

Or one more dream that I cannot make true?”

– Ryan Gosling, City of Stars

Secara keseluruhan, film ini manis dan sangat ‘dreamy’ seperti di negeri dongeng #halah. Rasanya pengen humming sepanjang film. HAHA!

image source: lalaland.movie
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s