Boleh pinjam bahumu sebentar saja?

Meeting darurat. Menangis. Menenangkan teman yang menangis. Menyelesaikan pekerjaan. Membereskan barang-barang. Tertawa bersama. Menangis (lagi). Berbagi kisah. Tertawa. Lalu, menangis kembali.

Hari itu seperti rollercoaster bagi jiwa dan raga saya. Seolah saya kehabisan waktu untuk ‘diri saya’ sendiri. Saya menangis, tapi harus cepat-cepat menyeka air mata karena tentu saja saat itu bukan waktu yang tepat untuk itu.

Belum sadar betul, tiba-tiba teman saya menangis. Tak kuat menahan kabar yang tak baik ini. Yang saya tahu, saya memeluknya kemudian menangis bersama. Mencoba menenangkan dan bilang “Nggak apa-apa.” Kata-kata yang sebenarnya kami semua mengerti “Kami tidak baik-baik saja.” Bahwa saya pun kehabisan kata. Saya tidak tahu harus bagaimana.

Kami harus segera melupakan kesedihan karena pekerjaan menuntut kami untuk segera diselesaikan. Saya kembali berkutat dengan tugas-tugas, sementara jiwa saya seperti tidak di situ. Tugas selesai, saya harus segera membereskan barang-barang.

Seusai bekerja, saya masih harus bersama teman-teman lain. Sebuah quality time. Mencoba berbagi kisah dan tawa. Tapi kemudian diselingi dengan tangis. Saya cuma bisa menahan diri untuk tidak kelepasan. Saya terlampau mengerti kesedihan dan ketakutan mereka; akan masa depan, akan kehidupan. Bahwa bukan saya sendiri yang bersedih. Bahwa kami berada di titik yang sama. Kritis.

Dalam perjalanan pulang, saya kehabisan energi. Dalam perjalanan pulang, saya hanya ditinggalkan bersama sedih dan sepi. Hari itu saya tidak sempat ‘memeluk’ diri saya sendiri. Lalai untuk mengakui bahwa saya sedih, sangat amat sedih. Mengakui bahwa saya pun tidak tahu apa yang harus saya lakukan dan bagaimana nasib saya ke depannya.

Sometimes I need a good cry. Not to try so hard to get rid of the pain, not to distract myself from feeling it.

Sometimes I simply need someone to sit with me and give me a silent hug. A shoulder to cry on.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s